BAHASA ARAB: الجزم Pengertian al-Jazmu [Jazm]



I’rob adalah perubahaan keadaan akhir kata disebabkan masuknya ‘amil. Bisa juga dikatakan bahwa i’rob adalah perubahan akhir kata karena perbedaan jabatan kata di dalam kalimat. Salah satu bentuk i’rob adalah apa yang disebut dengan istilah jazem. Kata yang i’robnya jazm disebut majzum.

الجزم

Pengertian al-Jazmu [Jazm]

Secara bahasa kata al-Jazmu bemakna al-Qoth’u [memutus atau memastikan]. Adapun menurut istilah nahwu yang dimaksud dengan jazm adalah perubahan khusus yang ditandai dengan harokat sukun -di akhir kata- atau tanda lain yang menggantikannya. I’rob jazm ini hanya ada pada fi’il mudhori’ [kata kerja sekarang/akan datang] dan tidak ada pada isim [kata benda] atau jenis fi’il yang lain [madhi dan amr] (lihat Tuhfatus Saniyah)

Contoh Fi’il Yang Majzum

يَلْعَبْ

artinya: “Bermain”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

يَنْجَحْ

artinya: “Lulus”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

 يُسَافِرْ

artinya: “Bepergian”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

يَسْألْ

artinya: “Bertanya”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

Catatan: Untuk menyederhanakan, bisa dikatakan bahwa apabila suatu kata [fi’il mudhori’] diakhiri dengan sukun maka ia disebut dengan istilah majzum.

Sumber Kosakata: Tuhfatus Saniyah Syarh al-Muqaddimah al-Ajurrumiyah oleh Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid

Post a Comment

0 Comments

"; var FstickyWork = stickyWork.replace(/(\r\n|\n|\r)/gm," "); if ( FstickyWork === "yes" ) { $(document).ready(function(){$("#header-navigation").sticky({topSpacing:0});}); } //]]>